Monday, May 27, 2013
UJIAN TENGAH SEMESTER
MEDIA PEMBELAJARAN
NAMA : DELLYANI MEGA
NIM : 1002474
PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKTUR

1.      DEFINISI MEDIA PEMBELAJARAN
·         Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
·         Menurut Briggs (1977) ialah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti: buku, film, video dsb.
·         Menurut National Education Associaton (1969) ialah  sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

2.      KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
·         Menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Media pembelajaran yang akan digunakan sedapat mungkin dapat membantu dan mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
·         Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penyesuaian ini dapat dilihat dari aspek umur siswa atau kemampuan siswa sendiri untuk memahami media yang digunakan. Jika tidak maka media tersebut tidak lebih akan menjadi sebuah pajangan belaka.
·         Media yang digunakan hendaknya tepat guna artinya dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari.
·         Media yang dipilih hendaknya memang tersedia, artinya tersedia alat/bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan mempergunakannya.
·         Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan murid. Disinilah perlunya guru kreatif untuk menciptakan media pembelajaran agar dapat disesuaikan dengan apa yang disenangi guru dan disukai oleh siswa.
·         Persiapan dan penggunaan media hendaknya disesuaikan dengan biaya yang tersedia. Hal ini biasanya menjadi hambatan pokok karena memaksakan menggunakan media sementara tidak didukung oleh dana ang memadai. Hendaknya media yang digunakan adalah media tepat guna, atau media pembelajaran sederhana yang dapat dijangkau oleh siswa dan guru.
·         Kondisi fisik lingkungan turut mempengaruhi media. Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik kondisi lingkungan pada saat merencanakan penggunaan media.

3.      TUJUAN MEDIA PEMBELAJARAN
[Akhmad Sudrajat, 2008]:
  • Mempermudah proses belajar-mengajar
  • Meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
  • Menjaga relevansi dengan tujuan belajar
  • Membantu konsentrasi mahasiswa
  • Menurut Gagne: Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
  • Menurut Schramm: Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
  • Menurut Y. Miarso: Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa

4. MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
  • Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
  • Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
  • Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
  • Efisiensi dalam waktu dan tenaga
  •  Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
  • Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
  • Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
  • Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif

5.      FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN
·         Mengubah titik berat pendidikan formal.
·         Membangkitkan motivasi belajar.
·         Memperjelas penyajian pesan dan informasi.
·         Memberikan stimulasi belajar atau keinginan untuk mencari tahu.
·         Memperjelas penyajian materi (pesan) dalam bentuk visualisasi yang jelas sehingga pesan tidak terlalu bersifat verbalistis.
·         Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
·         Menjadikan pengalaman manusia dari abstrak menjadi kongkret
·         Memberikan stimulus dan rangsangan kepada siswa untuk belajar secara aktif.
·         Dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

6.      FUNGSI AFEKTIF
Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat keterlibatan emosi dan sikap siswa pada saat menyimak tayangan materi pelajaran yang disertai dengan visualisasi. Misalnya, tayangan video gambar simulasi kegiatan pengelolaan arsip, video penggunaan mesin-mesin kantor, dan sejenisnya.

7.      FUNGSI KOGNITIF
Fungsi kognitif media sosial terlihat dari kajian-kajian ilmiah yang mengemukakan bahwa lambang visual atau gambar  memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.

8.      FUNGSI ATENSI
Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Media gambar atau animasi yang diproyeksikan melalui LCD (Liquid Crystal Display) dapat memfokuskan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan mereka terima. Hal ini berpengaruh terhadap penguasaan materi pelajaran yang lebih baik oleh siswa.

9.      FUNGSI KOMPENSANTORIS
Yaitu memberikan  konteks untuk memahami teks dan membantu siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi.
Sedangkan fungsi kompensatoris dari media pembelajaran dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa media visual membantu pemahaman dan ingatan isi materi bagi siswa yang lemah dalam membaca.

10.  KELAIKAN PRAKTIS
·         Peserta didik familiar terhadap medianya
·         Tersedianya waktu pemilihan
·         Tersedianya media
·         Tersedianya sarana dan fasilitas

11.  KELAIKAN TEKNIS
·         Kualitas pesan (yaitu mudah dipahami, jelas, dan relevan)
·         Kualitas visual (yaitu menarik dan sederhana)

12.  KELAIKAN BIAYA
Mengacu pada pendapat bahwa pada dasarnya ciri pendidikan modern adalah efesiensi dan keefektifan belajar mengajar. Salah satu strategi untuk menekan biaya adalah dengan simplifikasi dan memanipilasi media atau alat bantu materi pengajaran.

13.  MANFAAT AUDIO VISUAL
  • Menarik, dapat mempercepat daya serap peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan.
  • Baik untuk semua siswa karena dapat mendengar dan melihat.
  • Bisa menampilkan gambar, grafik, diagram, ataupun cerita.
  • Variatif, Karena jenisnya yang beragam.
  • Bisa diperlambat dan diulang.
  • Dapat dipergunakan tidak hanya untuk satu orang.
  • Dapat dipergunakan untuk memberikan umpan balik .





















0 comments:

Post a Comment

 
;